Jumat, 08 Februari 2013

LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA


LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH

Laporan ini di setujui dan di sahkan pada
Hari………….Tanggal………Bulan………………Tahun 2012


Oleh:


KOORDINATOR PSG SEKOLAH



Dodi Samsudin, S.H

PEMBIMBING SEKOLAH



Selvi, S.Pd



Mengetahui,
KEPALA SEKOLAH



Drs. H. Iip Sabit, MA
NIP. 150 258 803







LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI

Laporan ini disetujui dan di sahkan pada
Hari………….Tanggal………Bulan………………Tahun 2012


Mengetahui,


KEPALA INSTANSI



Yon Sumaryono, S.Pd
Nip.19530818 197803 1 012
PEMBIMBING INSTANSI



Tata Kurniata
Nip.19570929 198002 1 002


















KATA PENGANTAR

     Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, bahwasanya atas nikmat dan karunia-Nya kami dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini sebagai bukti bahwa kami telah mengikuti PSG yang menjadi salah satu syarat dalam mengikuti Sidang Komprehensif.
    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyesuaikan antara materi yang kami peroleh dari sekolah dengan kenyataan di lapangan.
    Tidak lupa kami ucapakan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan PSG ( Pendidkan Sistem Ganda ) kami, pihak yang kami maksud adalah :
v  Bapak Drs.H.Iip Sabit, MA. Selaku Kepala SMK Model Patriot IV Ciawigebang
v  Bapak Yon Sumaryono,S.Pd. Selaku Kepala SMP N 1 Ciawigebang
v  Bapak Dodi Samsudin, SH. Selaku Koordinator PSG di SMK Model Patriot IV Ciawigebang  
v  Ibu Selvi, S.Pd. Selaku Pembimbing PSG di SMK Model Patriot IV Ciawigebang
v  Bapak Tata Kurniata. Selaku Pembimbing di SMPN 1 Ciawigebang
v  Para Wakasek dan Dewan guru serta semua pihak yang telah ikut serta dalam penyusunan Laporan ini.
Kami selaku penyusun menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kesalahan baik dalam penyusunan kata-katanya, maupun data-datanya. Kritik dan saran yang membangun akan kami terima. Kami berharap semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya, dan umumnya bagi adik-adik kami.


Ciawigebang,      Maret 2012


Penyusun





DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH…………………………………………….....i
LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI……………………………………………….ii
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………..iii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….vi

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………………….1 
1.2 Tujuan Penulisan…………………………………………………………………………. 2
1.3 Metode Penulisan………………………………………………………………………….3 

BAB 2 TINJAUAN UMUM SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG
2.1 Sejarah Singkat SMP Negeri 1 Ciawigebang……………………………………………...4
2.2 Ruang Lingkup Bidang Pekerjaan………………………………………………………....7
2.3 Visi Misi SMP Negeri 1 Ciwigebang..................................................................................
2.4 Denah Sekolah SMP Negeri 1 Ciawigebang.......................................................................

BAB 3 PELAKSANAAN KEGIATAN PSG
3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan………………………………………………………….16
3.2 Agenda Kegiatan PSG……………………………………………………………………17

BAB 4 PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH
4.1 Masalah-masalah…………………………………………………………………………18
4.2 Alternatif Pemecahan Masalah…………………………………………………………..18

BAB 5 PENUTUP
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………….19
5.2 Saran……………………………………………………………………………………...19

LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Dengan motivasi dan dukungan dari pihak-pihak yang telah membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan keinginan kami yang sangat besar untuk mencoba mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dari sekolah khususnya di Bidang Produktif kedalam dunia kerja nyata sehingga kami mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana keadaan dunia kerja yang sesungguhnyasehingga harapan kami dapat menjadi peserta didik yang benar-benar siap kerja dan menjadi Tenaga Kerja yang Profesional. Mudah-mudahan laporan ini dapat memberikan gambaran yang berguna bagi pembaca dan penyusun dimasa sekarang dan yang akan datang. Aamiin...
Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Prakerin dengan sasaran seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Program Studi Sekretaris Tahun Pembelajaran 2011-2012 dengan jumlah:
  • Laki-laki                      152 orang
  • Permepuan                  306 orang
  • Jumlah                         458 orang
Dilaksanakan pada tanggal 16 Januari – 16 Maret 2012 agar dapat mencapai tujuan pelaksanaan dan mendapat hasil sesuai dengan yang diharapkan serta dapat mengikuti Sidang Komprehensif yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 - 31 Maret 2012.
Adapun tujuan dan hasil yang di harapkan yaitu sebagai berikut :
  1. Tujuan :
  • Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lingkungan kerja.
  • Menperkokoh keterkaitan dan kesepadanan antara sekolah dengan dunia kerja.
  • Meningkat epektivitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
  • Member pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebai bagian dari proses pendidikan.
  1. Hasil yang di harapkan :
  • Siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dari setiap jenis pekerjaan.
  • Siswa mampu mengikuti Sidang Komprehensif dari materi kegiatan PSG / Prakerin.
  • Siswa melaksanakan kegiatan PSG / Prakerin sesuai dengan pedoman sekolah.

1.2  Tujuan Penulisan
          Dengan diadakannya kegiatan PSG yang dilaksanakan dalam waktu 2 bulan yaitu dari tanggal 18 Januari S.d 18 Maret, kami dituntut untuk menyusun laporan yang bertujuan untuk :

  1. Memenuhi tugas wajib sekolah
  2. Sebagai bukti otentik bahwa siswa telah melaksanakan PSG
  3. Sebagai bahan pertanggungjawaban dalam sidang komprehensip
  4. Sebagai bahan untuk pertimbangan dalam penilaian PSG
  5. Melatih tanggung jawab siswa
  6. Melaporkan kegiatan selama PSG

1.3  Metode Penulisan
  1. Literature
Kami memperluas pengetahuan dan wawasan yang berhubungan dengan masalah yang sedang di hadapi sebagai penujang dalam membahas dan menganalisis data yang sudah terkumpul.
  1. Dekomentasi
Merupakan kajian penganalisisan yang kami lakukan, sedangkan teknik penyimpulan data yang di lakukan adalah dengan melakukan data primer, yaitu yang di ambil secara langsung dengan melakukan riset lapangan dengan cara berikut ini :
a)      Teknik wawancara
Kami mengadakan komunikasi langsung dengan subjek atau pihak pegawai untuk memperoleh data yang di perlukan untuk pembuatan laporan ini.
b)      Teknik observasi
Kami terjun langsung melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), sehingga dapat melihat langsung keadaan tempat PSG.




BAB 2
TINJAUAN UMUM SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG

2.1    Sejarah Singkat SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG

  1. Identitas Sekolah
  1. Nama sekolah                          : UPTD SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG
  2. Alamat                                                : Jl. Susukan No.61 Ciawigebang
a.       Desa/Kecamatan                 : Ciputat / Ciawigebang
b.      Kab. / Kota                         : KUNINGAN
c.       No.telp. / HP                      : (0232)878292
d.      E-mail                                 : snecis60@gmail.com
  1. NSS                                         : 201021510004
  2. Jenjang Akreditasi                  : TIPE B
  3. Tahun Didirikan                      : 1960
  4. Tahun Beroperasi                    : 1960
  5. Status Bangunan                     : PEMERINTAH
  6. Luas Seluruh Bangunan          : 3674 M2

  1. Periode Filial SMP Negeri 1 Ciawigebang
SMP Negeri 1 Ciawigebang yang awalnya mengindukan pada SMPN 1 Kuningan berlokasi Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, SMP N 1 Ciawigebang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1960 yang merupakan kelas jauh dari SMP Negeri 1 Kuningan dan kegiatan belajar mengajar untuk sementara di ruang SD Negeri Kapandayan selama satu tahun selama proses pembuatan gedung sekolah sendiri.
  1. Periode Berstatus SMP Negeri Ciawigebang
Pada Mulanya Pembangunan gedung Sekolah dan kelas dilaksanakan secara swadaya masyarakat se-kewadanaan Ciawigebang yang terdiri dari Kecamatan Ciawigebang, Kecamatan Cidahu, Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Lebakwangi. Pada awalnya di bangun lima lokal yang terdiri dari satu ruang kantor dan empat ruang belajar ( Ruang Kelas ) Maksudnya empat lokal untuk menampung siswa dari tiap kecamatan satu lokal kelas untuk belajar . Dalam Kenyataan jumlah siswa yang mendaftar hanya 116 orang saja dari empat kecamatan tersebut sehingga cukup memakai ruang belajar tiga lokal . Selama proses pembuatan gedung sekolah , siswa yang berjumlah 116 orang tersebut tempat belajarnya menggunakan SD Negeri Kapandayan dan berjalan selama enam bulan. Tepatnya pada bulan Agustus tahun 1961 Dengan melalui surat keputusan Mendikbud RI. No. 1134/SK/B/III/1961, tanggal 29 Agustus 1961 dan Nomor Statistik Sekolah ( NSS ) : 20.102.10.004 Berubahlah statusnya menjadi SMP Negeri Ciawigebang, dan sudah menggunakan bangunan gedung baru setengah Permanen lokasinya yang sekarang di pakai .
Dalam Perkembangan SMP Negeri 1 Ciawigebang telah dikelola lebih kurang oleh sebelas orang kepala sekolah, dan telah menghasilkan lima orang kepala sekolah dan Tiga orang Kaur TU dari guru Tata Usaha hasil binaanya.
  1. Periode Siap Bersaing Dengan Sekolah Lain
Selama proses pembinaan kepada para siswa sudah banyak prestasi yang diraih baik bidang akademik yang sudah tidak terhitung jumlahnya maupun Non Akademik seperti cabang olah raga sepak bola sudah banyak pesepak bola nasional lulusan sekolah ini seperti Uci Sanusi, Satria Nurjaman dan sebagainya.
Juga dalam karier selanjutnya semenjak berdirinya SMP Negeri 1 Ciawigebang telah menghasilkan lulusan yang telah sukses dalam kariernya seperti ada yang menjadi anggota MPR RI, Dokter, Kapolres, Tentara, Ahli Hukum dan lain–lain.
Dalam pengelolaan selanjutnya SMP Negeri 1 Ciawigebang terus memacu diri untuk meraih prestasi dan ini dibuktikan bahwa setiap tahun ajaran baru selalu kelebihan jumlah pendaftar walaupun jumlah siswa yang diterima mencapai 24 kelas, ini membuktikan kepercayaan masyarakat dari dulu sampai sekarang masih tetap mempercayainya untuk menyekolahkan anaknya disekolah ini. Walaupun ada rayonisasi masih saja pendaftar itu selalu melebihi kapasitas daya tampung sehingga tidak aneh setiap tahun selalu ada tes seleksi siswa baru dengan menggunakan dua cara, yaitu pertama jalur prestasi dengan menggunakan nilai raport siswa yang berprestasi sejak dari kelas IV SD sampai kelas VI SD dan cara kedua dengan jalur umum yaitu dengan mengadakan tes seleksi masuk.
Untuk tahun pelajaran 2007/2008 jumlah siswa sebanyak 1046 orang yang berasal dari empat puluh sembilan desa dari delapan kecamatan.
  1. Periode Siap Jadi Sekolah SSN (Sekolah Standar Nasional)
Dengan analisis SWOT harus siap berkompetisi menembus persaingan lokal maupun global, sebagai kepedulian dunia pendidikan dalam menyongsong era globalisasi di segala bidang sehingga diproyeksikan tahun 2013 semua SMP Negeri yang ada di Kabupaten Kuningan sudah berstatus SSN (Sekolah Standar Nasional).  
  1. Daftar Kepala SMPN 1 Ciawigebang
            Adapun para Kepala Sekolah yang memimpin di SMPN 1 Ciawigebang, yaitu :
v  Pada Tahun 1961 - 1984 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Bpk. Sukarya K,S.BA
v  Pada Tahun 1984 - 1987 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Bpk. Iwan Somantri, BA.
v  Pada Tahun 1987 - 1993 Kepala Sekolah  yang diangkat adalah Bpk. E. Kosasih, BA.
v  Pada Tahun 1993 - 1997 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Bpk. S. Supardi
v  Pada  Tahun 1997 - 1999 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Drs. Maman Suherman, M.Pd
v  Pada Tahun 1999 - 2004 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Bpk. Yo Suharyo,Ms.
v  Pada tahun 2004 - 2007 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Drs. Djadja Zaenudin, MM.
v  Pada Tahun 2007 - 2010 Kepala Sekolah yang diangkat adalah Drs. H. S. Setiawan, Bc.Ak,
v  Pada tahun 2010 -  sekarang, Kepala Sekolah yang diangkat adalah Bpk. Yon Sumaryono, S.Pd.










2.2    Ruang Lingkup Bidang Pekerjaan
A.     FUNGSI DAN TUGAS SEKOLAH
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) pendidikan jalur sekolah, secara garis besar memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
1.      Melaksanakan pendidikan di sekolah selama jangka waktu tertentu sesuai dengan jenjang, jenis dan sifat sekolah terserbut .
2.      Melaksanakan pendidikan pengajaran sesuai dengam kurikulum yag berlaku.
3.      Melakasanakan bimbingan dan konseling bagi siswa di sekolah.
4.      Membina Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ).
5.      Melaksanakan urusan tata usaha.
6.      Membina kerja sama dwengan orang tua , masyarakat dan instansi terkait.
7.      Bertanggungjawab kepada kepala kantor dinas pendidikan kabupaten.
8.     Dalam melaksanakan tugasnya, sekolah di pimpin oleh kepala sekolah.
B.     FUNGSI DAN TUGAS PENGEELOLA SEKOLAH
Pengelola sekolah terdiri dari :
1.      Kepala sekolah
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagau educator, manager, administator dan suvorpisor.
a.      Kepala sekolah selaku educaor
Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan tugas mengajar secara efektif dan efisien ( lihat tugas guru )
b.      Kepala sekolah selaku manager mempunyai tugas sebagai berikut :
1).  Menyusun perencanaan
2).  Mengorganisasikan kegiatan
3).  Mengarahkan kegiatan
4).  Mengkoordinasikan kegiatan
5).  Melaksanakan pengawasan
6).  Melakukan evaluasi kegiatan
7).  Menentukan kewajiban
8).  Mengadakan rapat
9).  Mengambil keputusan
10).  Mengatur proses belajar mengajar
11).  Mengatur administrasi
v  Ketata Usahaan
v  Siswa
v  Sarana dan prasarana
v  Keuangaan / RAPBS
12).  Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS )
13).  Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan intansi terkait
c.   Kepala sekolah selaku administator bertugas menyelenggarakan administrasi
1).  Perencanaan
2).  Pengorganisasian
3).  Pengarahan
4).  Pengkoordinasian
5).  Pengawasan
6).  Kurikulum
7).  Kesiswaan
8).  Ketatausahaan
9).  Ketenagaan
10).  Kantor
11).  Keuangan
12).  Perpustakaan
13).  Labolatorium
14).  Ruang dan keterampilan / Kesenian
15).  Bimbingan dan Konseling
16).  UKS
17).  OSIS
18).  Serbaguna
d. Kepala sekolah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenai :
1). Proses belajar mengajar
2). Kegiatan Bimbingan dan konseling
3). Kegiatan Ekstrakulikuler
4). Kegiatan Ketatausahan
5). Kegiatan Kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait
6). Sarana dan Prasarana
7). Kegiatan OSIS
8). Kegiatan 6K
2. Wakil Kepala Sekolah
         Wakil kepala sekolah pada Sekolah menengah pertama 1 (satu) orang, wakil kepala sekolah dengan kegiatan-kegiatanya sebagai berikut :
v Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksana program
v Pengorganisasian
v  Pengarahan
v  Ketenagaan
v  Pengkoordinasian
v  Pengawasan
v  Penilaan
v  Identifikasi dan pengumpulan data
v  Penyusunan Laporan
a.      Kurikulum
1)                   Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
2)                   Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
3)                   Mengatur Penyusunan program pengajaran( program Tahunan, promes,AMP, silabus,scenario pembelajaran, penilaian dan analisis butir soal)
4)                   Mengatur kegiatan krurikuler dan ekstrakulikuler
5)                   Mengatur pelaksanaan program penilaian(Mid tes,Ul.Blok,Ulum,US,UN) kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian rapot, ijasah dan STK
6)                   Mengatur pelaksana program perbaikan dan penayaan
7)                   Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
8)                   Mengatur pengadaan buku sumber
9)                   Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran
10)               Mengatur mutasi siswa dan PSB ke SLTA
11)               Melakukan supervisi administrasi dan akademis
12)               Menyusun laporan

b. Kesiswaan
    1. Mengatur Program dan pelaksanaan Bimbingan konseling
    2. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 6K   (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekelurgaan, Kerindangan)
    3. Mengawasi pelaksana tatatertib siswa
    4. Mengatur Penerimaan siswa baru
    5. Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi :
- Kepramukaan
- Koperasi siswa
- Palang Merah Remaja (PMR)
- Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
- Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
- Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
- Paskibra
- Olahraga
- Kesenian
c. Sarana Prasarana
1). Merencanakan kebutuhan  sarana dan prasarana untuk menunjang proses  belajar mengajar
2).  Merencanakn program pengadaannya
3).  Mengatur pemanfatan sarana dan prasarana
4).  Mengelol perawatan, perbaikan dan pengisian
5).  Mengatur pembukuan
6). Menysun laporan

d.  Hubungan dengn masyarakat
1). Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite sekolah dan peran serta komite  sekolah
2). Menyelenggarakan bhakti social di lingkungan di sekolah dan karya wisata warga
3).  Menyelenggarakan pamaren, pentas seni serta pagelaran di sekolah
4).  Mengadakan konsultasi dengan masyarakat dan intansi terkait
5).  Menyusun laporan
3. Guru
           Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien .
Tugas dan tanggung jawab guru meliputi :
a.       Membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari :
v  AMP
v  Program tahunan dan program semester
v  Silabus
v  Rencana pengajaran/ Skemnario pembelajaran
v  Program Remedial/ Pengyaan
v  LKS/ Bank soal
b.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran
d.             Penilaian proses belajar mengajar
v  Ulangan harian
v  Ulangan blok
v  Ujian Akhir
e.       Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
f.       Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
g.      Mengisi daftar nilai
h.      Melaksanakan kegiatan membingbing kepada guru lain dalam kegiatan pembelajaran yang serumpun
i.        Membuat alat peraga
j.        Menumbuh kembamgkan sikaf menghargai karya sebni
k.      Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
l.        Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
m.    Membuat catatan tentang kemajuan belajar siswa
n.      Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai belajar
o.      Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang Lab.  Sebelum memulai nelajar
p.      Mengumpulkan dan menghitung anka kredit untuk kenaikan pangkat

  1. Wali Kelas
Wali kelas tugasnya membantu kepala sekolah dalam kegiatan :
a.       Pengelolaan kelas
b.      Menyelenggarkan administrasi kelas, meliputi :
v            Denah tempat duduk siswa
v            Papan absen siswa
v            Daftar pelajaran
v            Daftar piket siswa
v            Buku absensi siswa
v            Agenda kelas
v            Tata tertib siswa
c.       Penyusunan / pembuatan statistik bulanan siswa
d.      Pengisian daftar kumpullan nilai/ leger
e.       Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f.       Pencatatan mutasi siswa di kelas
g.      Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
h.      Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
i.        Mengadakan home visit bersama petigas BK/BP
  1. Guru Bimbingan dan Konseling
a.   Koordinator Guru BK
      Koordinator guru BK bertugas mengkoordinasikan para guru BK dalam :
1).  Memasyarakatkan pelayanan bimbingan kepada segenap warga sekolah, orang tua siswa dan masyarakat
2).  Menyusun program bimbingan
3).  Melaksanakan program bimbingan
4).  Mengadministrasikan program bimbingan
5).  Menilai program pelaksanaan bimbingan
6).  Memberikan tindak lanjut terhadap hasil penilaian bimbingan
b.      Guru Pembimbing / Konselor
Sebagai pelaksana utama, tenaga inti dan ahli, guru pembimbing / konselor bertugas :
1).  Melaksanakan pelayanan bimbingan
2).  Merencanakan program bimbingan
3).  Melaksanakan segenap layanan bimbingan
4).  Melaksanakan kegiatan pendukung bimbingan
5). Melaksanakan proses dan hasil pelayanan bimbingan dan kewajiban pendukungnya
6).  Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil pelayanan bimbingan dan kegiatan pendukungnya
7).  Mengadministrasikan layanan bimbingan yang dilaksanakan
8).  Mempertanggungjawabkan tugas kegiatannya dalam pelayanan bimbingan kepada koordinator bimbingan dan kepala sekolah
  1. Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah tugasnya membantu kepala sekolah dalam kegiatan sbb :
a.       Perencanaan pengadaan buku / bahan pustaka / media elektronika
b.      Pengurusan pelayanan perpustakaan
c.       Perencanaan pengembangan perpustakaan
d.      Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku bahan pustaka / media elektronika
e.       Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku bahan pustaka / media elektronika
f.       Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kerja pendidikan lainnya
g.      Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
h.      Menyusun tata tertib perpustakaan
i.        Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
  1. Laboratorium
            Pengelola laboratorium tugasnya membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
v  Perencanaan pengadaan bahan dan alat laboratorium
v  Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
v  Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
v  Memelihara dan memperbaiki alat-alat laboratorium
v  Inventarisasi dan pengadministrasian peminjaman alat-alat laboratorium
v  Menyususn laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium





 SHAPE  \* MERGEFORMAT
Kepala Sekolah
Yon Sumaryono, S.Pd.
Drs.H.S.Setiawan,Bc.Ak,M.Pd
Wakasek Bidang Kurikulum
Aan Sutisna, M.Pd
Aan Sutisna,M.Pd
Wakasek Bidang Kesiswaan
Ade Juhana, S.Pd.
Juhana,S.Pd


 Wakasek Sarana Prasarana
Diah Krisnawati,S.Pd.

Diah
Krisnawati S.pd
Wakasek
 Humas
Soleman, S.Pd.

Soleman,S.Pd

BP/BK

Ono Suhana

Djudju Djulaeha




















BAB 3       
PELAKSANAAN KEGIATAN PSG

3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan PSG
  1. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan PSG / Prakerin           : 16 Januari – 16 Maret 2012
  1. Tempat Pelaksanaan
SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG  yang beralamat di Jl. Susukan No.61 Ciawigebang 
























3.2 Agenda Kegiatan PSG
  1. Bagian Tata Usaha :
  1. Membuat Surat
  2. Mengarsipakan surat masuk dan keluar
  3. Mengagendakan surat masuk dan keluar
  4. Membantu mengisi leger nilai
  5. Membantu guru-guru dalam pengetikan soal-soal ulangan

  1. Bagian Perpustakaan :
1.      Mencatat siswa yang meminjam buku dan mengembalikan buku perpustakaan
2.      Memanggil dan Memberi denda terhadap siswa yang telat mengembalikan buku perpustakaan
3.      Membereskan ruangan dan buku yang ada di perpustakaan
4.      Memberi stempel dan memberi label buku paket perpustakaan
5.      Mencatat jumlah pengunjung perpustakaan pada grafik pengunjung setiap 1 bulan sekali
6.      Mencatat jumlah buku yang di pinjam dan dimasukan kedalam grafik buku setiap 1 bulan sekali
7.      Mengisi buku induk perpustakaan














BAB 4
PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH

4.1 Masalah - Masalah 
1)      Kami merasa kesulitan beradaptasi pada awal masuk PSG.
2)      Kami merasa kesulitan ketika dihadapkan pada peralatan kantor elektronik dan manual seperti computer dan mesin tik.
3)      Kami merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus lainnya.
4)      Kurangnya disiplin waktu
5)      Peralatan kantor yang kurang lengkap

4.2 Alternatif Pemecahan Masalah
1)      Menghadapi masalah-masalah kesulitan kami diatas, kami mencoba memecahkannya dengan bekerjasama, belajar dengan sesama rekan peserta PSG, belajar dari pegawai / karyawan di instansi tersebut serta meminta pendapat dan pengarahan dari pembimbing.
2)      Dan untuk memperbaiki masalah kedisiplinan diatas, pegawai kantor harusnya memiliki kesadaran sendiri untuk datang tepat pada waktunya.
3)      Melengkapi peralatan yang belum ada dan memperbaiki atau mengganti peralatan yang sudah rusak.
4)      Mengadakan monitoring, memperbanyak serta memperluas fasilitas yang belum ada.










BAB 5
 PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Setelah memperhatikan apa-apa yang telah diuraikan, maka penyusun akan menyimpulkan secara garis besarnya, yaitu sebagai berikut :
a.             Dengan adanya PSG sedikit banyaknya mendidik siswa agar mengetahui dan siap pakai dalam lapangan pekerjaan sebenarnya. Serta mendidik siswa agar mampu menciptakan lapangan kerja baru dan memantapkan ilmu pengetahuan siswa yang diperoleh secara teori dan praktek untuk diterapkan dalam realita kehidupan kerja.
b.            Didalam peranan tata usaha bagi kantor atau instansi termasuk kegiatan yang sangat penting yang harus ditentukan oleh semua kantor, baik yang bersifat tahan lama maupun yang bersifat habis pakai.
c.             Peranan tata usaha pada kantor SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG-KUNINGAN sudah teratur.
d.            Jadi pengertian tata usaha adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang ditaati untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


5.2 Saran
Dalam hal ini penyusun menyampaikan sedikit saran demi meningkatkan kinerja kantor SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG-KUNINGAN dimohon agar lebih meningkatkan disiplin kerja dan harus adanya kekompakan dalam bekerja untuk masalah perlengkapan kantor mohon dilengkapi, serta saran untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Model Patriot IV Ciawigebang untuk dapat meningkatkan kualitas peserta didik yang akan melaksanakan PSG ( Pendidikan sistem Ganda)agar dapat mengaplikasikan materi produktif yang telah diajarkan dengan baik.





LAMPIRAN LAMPIRAN

STRUKTUR ORGANISASI
SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG

DEWAN GURU
 
 SHAPE  \* MERGEFORMAT
Kepala Sekolah
Yon Sumaryono, S.Pd.
Drs.H.S.Setiawan,Bc.Ak,M.Pd
Wakasek Bidang Kurikulum
Aan Sutisna, M.Pd
Aan Sutisna,M.Pd
Wakasek Bidang Kesiswaan
Ade Juhana, S.Pd.
Juhana,S.Pd


 Wakasek Sarana Prasarana
Diah Krisnawati,S.Pd.

Diah
Krisnawati S.pd
Wakasek
 Humas
Soleman, S.Pd.

Soleman,S.Pd

BP/BK

Ono Suhana

Djudju Djulaeha











KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


I.         VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

A.    VISI

Karya Nyata dalam Agama, Ilmu dan Teknologi untuk Meraih Prestasi

1). Karya nyata dalam agama

Indikator :
a.       Membudayakan mengucapkan salam sesame teman, guru dan semua warga di sekolah.
b.      Membiasakan melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
c.       Melaksanakan praktek keagamaan seperti sholat Jum’at bersama dan sholat dzuhur bersama di mesjid sekolah, praktek infaq dan shodaqoh di sekolah.
d.      Mengembangkan ekstra kurikuler keagamaan.


2). Karya nyata dalam ilmu

Indikator :
a.       Warga sekolah memiliki semangat untuk menggali dan mentransfer ilmu untuk membekali peserta didiknya.
b.      Perolehan nilai akademis dan non akademis selalu meningkat setiap tahunnya.
c.       Selalu meningkat jumlah siswa yang diterima di SLTA Negeri setiap tahunnya.

3). Karya nyata dalam teknologi

Indikator :
a.       Dimasukannya mata pelajaran computer sebagai mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh siswa.
b.      Difungsikannya Laboratorium IPA, Komputer dan Multimedia untuk kepentingan belajar siswa.
c.       Diberikannya teknologi tepat guna seperti menjahit sebagai materi ekstrakurikuler.


4). Untuk meraih prestasi

Semakin tinggi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.


B.     MISI

a.       Membudayakan kegiatan keagamaan sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.      Menyiapkan anak didik/lulusan untuk dapat melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
c.       Memacu tenaga kependidikan untuk lebih menguasai disiplin ilmu serta pengetahuan yang sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.
d.      Mengikuti pembaharuan dan memperkenalkan teknologi yang sesuai dengan tuntutan era globalisasi.
e.       Menciptakan suasana harmonis, disiplin tinggi serta kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.



DENAH SEKOLAH
U
S
GARASI
R. KEP. SEK

R. GURU 

v   

v   

v   

v   
ã  
v  R. KELAS
ž  R. PKS KURIKULUM
  R. PKS
ã        KORIDOR / PINTU MASUK
S      SATPAM
]  PARKIR GURU / TAMU
D   KANTIN SEKOLAH


ž   
 
S
]   

LAPANGAN
BULU TANGKIS

v   

v   
R. OSIS

v   

R. KOP

v   

v   

v   

v   

v   

v   

v   

v   

v   

v   

v   
R. GANTI

R. KESENIAN





LAPANGAN BOLA VOLLY


R. LAB. BAHASA


R. PERPUSTAKAAN





LAPANGAN BOLA BASKET

TAMAN

R. LAB KOMP

v   

v   
v   




D    

v   

v   
WC. SISWA
KETERANGAN :
Ciawigebang, November 2012
Kepala Sekolah,
Yon Sumaryono, S.Pd.


Drs. H. S. SETIAWAN, Bc.Ak., M.Pd

NIP. 131094412

R. TU
R. UKS

R. PRAM
WC
GDG

MUSHOLLA
WC. SISWA
KANTIN





R. OSIS
v   
Text Box: WCText Box: GDGText Box: MUSHOLLA
Text Box: WC. SISWAText Box: KANTINSMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG





















DAFTAR INVENTARIS BARANG KANTOR

Bagian Resepsionis :
No unit
Nama Barang
Jumlah barang/volume
Kondisi barang
Ket
Baik
Rusak
1
2
3

4
5

6
7
8
9
10
11
Telepon
Bel
Buku daftar hadir
 Guru
Buku KBM
Buku daftar
Absensi Siswa
Kursi
Meja
Jam dinding
Papan Informasi
Peta
Papan Tabel Lainnya
1
2
2

1
1

6
2
1
1
3
2
1
1
1

1
1

6
2
1
1
3
2






Bagian Tata Usaha :
No Unit
Nama barang
Jumlah Barang/Volume
Kondisi Barang
Ket
Baik
Rusak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Lemari kayu
Meja
Kursi kayu
Kursi tamu
Papan visual
Komputer/unit
Printer epson
Printer Stensil
Kipas angin
Mesi tik
Jam dinding
Mesin stensil
Televisi
Dispenser
11
11
3
6
3
2
1
1
1
1
1
1
1
1
10
11
3
6
3
2
1
1
1
1
1
1
1
1
1







Bagian Perpustakaan :
No Unit
Nama Barang
Jumlah Barang
Kondisi Barang

Ket
Baik
Rusak
1
Meja baca
9
9


2
Meja Pengembalian
1
1


3
Meja Peminjaman
1
1


4
Kursi
44
44


5
Kursi Petugas
4
4


6
Rak katalog
1
1


7
Rak Buku
15
15


8
Rak Koran
3
3


9
Rak Penitipan Tas
1
1


10
Lemari
5
5


11
Lemari Adm
1
1


12
Penata Dinding
2
2


13
Tempat Sampah
1
1


14
Kaset
2
2


15
Dispenser
1
1


16
Gelas
4
4


17
TV dan VCD
1
1


18
Komputer
4
4



Keadaan buku Perpustakaan :
No
Jenis Buku
BOS
SSN
Depdiknas
1
2
3
Buku Pelajaran
Buku Penunjang
Buku Cerita
3021
200
-
333
3
125
9006
63
237


















INSTRUMEN DATA SEKOLAH TAHUN 2011 – 2012
(Keadaan Akhir Bulan September 2011)

Nama Sekolah/UPTD Pendidikan      :  SMP NEGERI I CIAWIGEBANG
Kecamatan                                          :  Ciawigebang
Alamat                                                            :  Jl. Susukan No. 61 Kec.Ciawigebang
                                                               Kab. Kuningan
I.       Jumlah Ruang
- Ruang Kelas                                                                                               27  Ruang

-          Ruang Penunjang
a.   R. Kep. Sekolah                                                    =  1 Ruang
b.   R. Guru                                                                 =  1 Ruang
c.   R. TU                                                                    =  1 Ruang
d.   R. U.K.S                                                               =  1 Ruang
e.   R. Komputer                                                         =  1 Ruang
f.   R. Perpustakaan                                                     =  1 Ruang
g.  R. Laboratorium                                                     =  2 Ruang
h.  R. Praktek                                                              =  2 Ruang
i.   R. Pertemuan/Rapat                                               =  - Ruang
j.   R.Yang disekat                                                      =  5 Ruang
k.  R. Osis                                                                   =  1 Ruang
l.   R. WC Murid  3 Lokasi                                         =  3 Ruang
Jumlah Ruang Penunjang        =                                                                   20  Ruang

Jumlah semua ruangan yang ada                                                                  47  Ruang

II.          Jumlah Siswa dan Romobongan Belajar
Kelas 7            =  360   Siswa             =     9 Rombel
Kelas 8            =  352     Siswa           =     9 Rombel
Kelas 9            =  341     Siswa           =     9 Rombel

Jumlah            =  1053     Siswa        =     27 Rombel

Sumber Data ini diambil dari :
Sarana Prasarana dan keadaan Siswa bulan September 2011 dan kami bertanggung jawab atas kebenarannya.

                Mengetahui                                                          Ciawigebang, 30 September 2011
Kepala SMP Negeri I Ciawigebang                                         Penanggung  Jawab Data
                                                                       

YON SUMARYONO, S.Pd                                                  TATA KURNIATA
Nip. 19530818 197803 1 012                                                 Nip. 19570929 198002 1 002



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar